Monday, December 26, 2016

Pengertian, Penyebab, Serta Dampak Hujan Asam

Hujan asam adalah peristiwa alam dimana alam sangat mengkhawatirkan untuk umat manusia. Bagaimana tidak?
penyebab dan dampak hujan asam
prodiipa.wordpress.co

Karena dampak dari hujan asam ini dapat merusak sarana prasarana serta infrastruktur yang ada dimuka bumi. Tidak cuma itu, hujan asam juga dapat mengancam kehidupan manusia dibumi. Dan tulisan ini akan menjelaskan secara singkat mengenai pengertian, penyebab dan dampak hujan asam.

Pengertian Hujan Asam

Wikipedia mengemukakan bahwa hujan asam memiliki pengertian sebagai segalam macam hujan yang tingkat dari keasamannya (mempunyai pH) dibawah 5,6. Secara alami, hujan asam mempunyai kadar keasaman (pH) dibawah 6 karena gas karbon dioksida bereaksi dgn uap air yang ada diudara dan kemudian membentuk hujan asam. Hujan seperti ini sangat baik untuk membantu melarutkan mineral-mineral yang ada.

Pengertian hujan asam saat ini sudah meluas dikarenakan melibatkan gas belerang (sulfur) serta nitrogen  yang ada diudara yang bereaksi dgn oksigen yang kemudian membentuk sulfur dioksida serta nitrogen dioksida.

Zat-zat tadi kemudian bereaksi dengan uap air serta membentuk asam sulfat dan juga asam nitrat yang pada akhirnya berkondensasi untuk membentuk awan-awan yang kemudian menjadikannya sebagai hujan asam.

Penyebab Hujan Asam

Terjadinya peristiwa tentu terdapat sebabnya, begitu pula dengan fenomena hujan asam ini. Terjadinya hujan asam lebih sering diakibatkan oleh berbagai macam aktivitas menusia. Dan beruikut ini merupakan beberapa penyebab terjadinya hujan asam:


  • Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh pembangkit listrik.
  • Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh industri.
  • Amonia yang dihasilkan oleh kegiatan pertanian.
  • Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Dampak Hujan Asam

Kejadian hujan asam akan memberikan dampak yang sangat merugikan bagi bumi dan makhluk yang ada didalamnya. Dan berikut ini merupakan beberapa dampak dari hujan asam yang sangat mengancam bumi serta kehidupan umat manusia:


  • Merusak ekosistem perairan.
  • Menyebabkan tumbuhan kering, layu dan mati.
  • Menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia.
  • Menyebabkan korosi pada bangunan-bangunan.
  • Merusak sarana prasarana (infrastruktur) dibumi.

Demikian tadi pembahasan singkat kita mengenai pengertian, penyebab, dan dampak dari  hujan asam.

Dari pembahasan kita diatas bisa disimpulkan bahwa terjadinya hujan asam lebih dikarenakan aktivitas manusia serta kita dapat  mengubah gaya hidup saat ini yang dapat menyebakan terjadinya hujan asam, misalnya saja dengan bersepeda ke sekolah ataupun menggunakan kendaraan umum ke kantor  yang dapat mengurangi macet serta polusi udara.

No comments:

Post a Comment